Sunday, May 19, 2013

Menjaga Tradisi dengan 1 Gol di Newcastle


Hari minggu 19 Mei 2013 merupakan minggu terkahir EPL musim 2012/2013. Di minggu terakhir tersebut masih menyuguhkan pertandingan yang menentukan, yaitu perebutan jatah Champion League (CL) musim depan. 3 tim yang memperebutkan adalah Chelsea, Arsenal dan Sp*rs. Dari 3 tim tersebut hanya Chelsea yang sudah memastikan 1 tiket, namun masih belum ketahuan tiket langsung lolos atau tiket play-off yang mereka dapat, sementara Arsenal dan Sp*rs juga harus menang untuk mengambil 1 jatah tiket yang intinya semua tim masih/harus memenangkan pertandingan terakhir mereka.

Balik ke match Arsenal v N’castle, kedua tim bermain dengan tempo sedang di awal laga, sedikit peluang yang mengancam pertahanan dari kedua tim, namun di akhir babak pertama atau memasuki menit ke 30, kedua tim lebih gencar dalam melakukan serangan. Namun sayang tidak ada gol yang tercipta.
Memasuki babak kedua Arsenal berhasil menjebol gawang N’castle melalui Koscielny dimenit 52, berawal dari set-piece Walcott, bola diarahkan ke tengah pertahanan N’castle dan berhasil ditanduk Podolski, dan diteruskan oleh Koscielny. Setelah gol terebut tidak ada lagi gol tercipta, di menit 91 Walcott hampir menambah keunggulan, namun sayang tendangan lemahnya masih membentur tiang gawang.



 Dengan kemenangan 1-0 ini membuat Arsenal mempertahankan posisi terakhir jatah CL musim depan dan membuat Sp*rs harus merelakan untuk bermain di Europe League (EL). Ada satu kejadian menarik di WHL kandang Sp*rs, pada saat Arsenal mencetak gol para fans Sunderland meneriakkan sebuah Chant yang sering kita dengar jika Arsenal berhasil mencetak gol lebih dulu, ya tepat “One Nil To The Asenal” wow, fans Sunderland seolah memberi intimidasi kepada pemain Sp*rs, sebelumnya beberapa hari sebelumnya, Di Canio (manager Sunderland) berkata "Thanks Arsenal for beating Wigan & help us to avoid relegation. We will try and help Arsenal secure top 4 by beating Spurs." Yang artinya “Terima kasih kepada Arsenal yang mengalahkan Wigan dan menolong kami untuk terhindar dari degradasi.  Kami akan mencoba menolong Arsenal untuk mengamankan posisi 4 dengan mengalahkan Sp*rs.”
 
Bertahannya Arsenal di posisi 4 dengan beda 1 poin membuat Arsenal tetap mempertahankan tradisi (yang saya tahu) yaitu tetap berada di atas Sp*rs dan tetap masuk CL. Posisi di atas Sp*rs di akhir musim lebih kita kenal dengan St. Totteringham Day. St TD ini merupakan yang ke 18 secara beruntun ya 18 tahun Arsenal berhasil finish di atas Sp*rs. Menurut http://www.chiark.greenend.org.uk/~mikepitt/totteringham.html St TD ini adalah yang ke 48 dan ke 63 kali Arsenal berada di atas Sp*rs. Kalau ada yang bertanya tentang St TD bisa dilihat di http://en.wikipedia.org/wiki/Arsenal_F.C._supporters. Happy Saint Totteringham Day Gonner(ette)s in the world ;D. #AlwaysInOurShadow #MainTheGap

Satu lagi tradisi yaitu tetap masuk CL, merupakan yang ke 16 berturut-turut. Di bawah nahkoda Wenger, Arsenal selalu lolos atau masuk CL selama 15 tahun, dengan kemenangan 1-0 atas N’castle, Wenger mempertahankan tradisi tersebut untuk yang ke 16 kali. Namun pada musim depan Arsenal harus memulai dari fase Play-off yang artinya tambahan 2 pertandingan di awal musim.

Selain 2 tradisi di atas, kemenangan ini membuat Arsenal belum terkalahkan di 10 laga EPL (8 menang dan 2 seri) dan 11 laga di semua kompetisi (9 menang dan 2 seri). Katanya sih musim depan Invicible Jilid II bakal terjadi, katanya lho katanya. Saya sih engga percaya :p hehehe. Oh ya katanya juga Arsenal mendapatkan seorang striker namanya Yaya Sanogo (20) dari Auxerre free, ABG lagi nih yang dateng :p.


Happy St Totteringham Day, Enjoy your day and See you next Season still with AIS Tangerang, Gooner(ette)s. :)  

Oleh: M. F. R.

No comments:

Post a Comment