Sunday, April 7, 2013

3 Poin, Big 4, Super Tom dan Pertahanan


            Lega jantung ini ketika peluit akhir pertandingan dibunyikan, 5 menit injury time yang terasa seperti 10 menit bahkan mungkin 15 menit dimana Arsenal digempur oleh West Brom dari menit 71 setelah terjadinya gol penalti oleh Morrison yang diakibatkan oleh tekel Mertesacker sehingga menyebabkan dia dikartu merah oleh Webb (wasit).




Kembali ke Big 4

            Kemengan ini membuat Arsenal kembali ke 4 besar atau zona champion, walau mungkin hanya bertahan sesaat mengingat Tottenham dan Chelsea akan menjalani pertandingan pada hari minggu. Setelah kalah dari Sp*rs (03/03/13), Arsenal meraih 3 kemenangan beruntun, mulai dari Bayern (0-2), Swansea (0-2) dan Reading (4-1) Arsenal kembali meraih kemenangan ke 4 di The Hawthorns kandang West Brom (1-2). Sementara ini dari posisi 3 sampai 5 hanya berselisih 1 angka, Arsenal juga (mungkin) diuntungkan dengan pertemuan antara Chelsea dan Sp*rs dimana kedua tim harus saling bunuh untuk mempertahankan posisinya di 4 besar. Berikut sisa pertandingan ketiga tim:

Arsenal v Norwich
Arsenal v Everton
Fulham v Arsenal
Arsenal v Man. Utd
QPR v Arsenal
Arsenal v Wigan
Newcastle v Arsenal
Chelsea v Sunderland
Chelsea v Tottenham
Fulham v Chelsea
Liverpool v Chelsea
Chelsea v Swansea
Man. Utd v Chelsea
Aston Villa v Chelsea
Chelsea v Everton
Tottenham v Everton
Chelsea v Tottenham
Tottenham v Man. City
Wigan v Tottenham
Tottenham v Southampton
Stoke v Tottenham
Tottenham v Sunderland

            Berdasarkan sisa pertandingan, saya memprediksi Chelsea bakal terlempar dari 4 besar, mengingat masih banyaknya tim besar yang harus dihadapi. Namun, sepakbola bukan hanya berdasar statistik, prediksi dll, “Everything can happen in football”.

Brace Super Tom

Pada pertandingan tadi Rosicky mencetak gol perdananya musim ini, dan tidak tanggung-tanggung brace dia lesakkan untuk kemenangan Arsenal (MoTM versi penulis). Gol pertama pada menit 20 bermula dari Gervinho yang mendribble bola dari sisi kanan pertahanan West Brom kemudian memberi umpan lambung yang tanggung kepada Rosicky dan langsung disundul untuk menciptakan keunggulan Arsenal 1-0. Sementara gol kedua yang terjadi pada menit 50 berawal dari tusukan Ramsey dari sisi kiri pertahanan West Brom, kemudian memberikan passing  ke Super Tom, sempat melakukan tendangan keras yang diblok oleh Foster bola muntah langsung disambar kemabli oleh Super Tom, 2-0 untuk Arsenal. Wish Super Tom consistence until the end of season.

Pertahanan Mulai Membaik?

            Selain kembalinya Arsenal ke Big 4 (sementara) dan gol perdana Rosicky musim ini, kemenangan Arsenal juga diwarnai dengan kartu merah Mertesacker pada menit ke 70, yang membuat Arsenal bertahan dalam 20 menit terakhir. Pola bertahan Arsenal yang mulai membaik dalam beberapa pertandingan terakhir, terhitung dari lawatan ke Munchen sampai West Brom, baru kemasukkan 2 gol. Namun pada pertandingan v West Brom pertahanan Arsenal kembali diuji khususnya dalam 20 menit terakhir namun kali ini dengan 10 pemain on the pitch.
Dengan 10 pemain Arsenal dipaksa bertahan, tidak tanggung-tanggung 3 jatah pergantian pemain digunakkan untuk memasukkan 3 pemain dengan tipe bertahan yaitu Vermaelen 73’, Gibbs 82’ dan Coquelin 89’ (walau pada skemanya Gibbs dipasang bukan pada posis bertahan). Terlepas dari 10 pemain Arsenal yang terisisa, kita melihat bagaimana pertahanan Arsenal “cukup” kerepotan untuk menahan gempuran dari lawan, berkali-kali Lukaku dan Long membuat kocar-kacir pertahanan khususnya Sagna dan koscielny, beruntung 1 gol tidak tersarang di gawang Fabianski padahal Arsenal sudah menerapkan strategi “parkir bus” dengan meyisakan Giroud di depan. Terlepas dari skor 2-1, sisi pertahanan masih menjadi PR manager dan staff pelatih, pada pertandingan tadi terlihat bagaimana Sagna dengan mudah di”obok-obok” oleh Lukaku dan central defender mudah panik dalam melakukan clearance.
            Menurut saya, Arsenal membutuhkan seorang (atau mungkin 2) defender, khususnya bagian sisi kanan yang mampu membantu dalam menyerang dan kuat dalam bertahan dalam 90 menit atau kalau bisa 120 menit dan tentunya memiliki umpan silang yang akurat


Oleh: M. Fajar Ramadhan
           


No comments:

Post a Comment